Bundanya Tantik & Thoriq. ~ Suka Baca Suka Nulis ~ Suka Masak Doyan Makan ~ Suka Jajan Suka Jalan-Jalan

It's All About Me & My Daster




 It's All About Me & My Daster . Kalo udah cerita tentang “Pakaian Dinas Harian” ini saya yakin pasti ibu-ibu yang full time-mother, suka dong memakainya sehari-hari.
Bajunya sih simpel banget, bisa terbuat dari bahan katun motifnya bunga-bunga dan motif batik serta longgar sehingga nyaman dipakainya
Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian pasar tentang jumlah perempuan penggemar daster, emak-emak yang dinasnya di rumah saja seperti saya, pasti akrab banget deh dengan baju daster.
Saya sendiri mulai kenalan dan keterusan menggemari daster, kalo gak salah sejak hamil anak yang pertama. Waktu hamil muda saya tinggal sementara di Pondok Indah Mertua. Beliau lah yang mengenalkan daster ke saya. Untuk ini …”matur nuwun sanget nget nget Bu…”
Menurut saya, daster itu unik dan lucu. Gimana enggak, coba deh kalo kita punya baju yang kancingnya udah lepas dan gak ada gantinya. Atau pergelangan tangannya udah rusak. Atau warnanya sudah pudar bahkan kelunturan dan berbulu pula. Benang-benangnya udah pada berebutan ngintip keluar. Rasa-rasanya baju itu akan segera kita museumkan. Udah enggak mau makainya lagi. Walaupun harganya aduhai.
Tapi, berbeda dengan yang namanya daster. Biar dikata warnanya sudah pudar, bahkan motifnya aja udah samar-samar bahkan nyaris tak terlihat ditambah ada lubang anginnya pula. Udah dijahit sana sini…tetap aja dipakai.
“Tambah lama tambah enak dipakai” itu motonya. Kolaborasi dasterisasi plus ventilasi, menghasilkan sensasi adeeem yang luar biasa…hihihi
Gara-gara daster lusuh, beberapa kali saya dikira pembantu. Mulai dari tukang catat meteran PDAM, orang yang minta sumbangan, sampai ibu-ibu yang numpang berteduh. Tetap aja saya menanggapinya santai…woles aja .Hehehe…
Pernah suatu malam, saya ikut suami ke toko roti. Saking malesnya mau ganti baju, dengan cueknya saya pakai daster. Pikir saya udah larut begini, hujan lagi pasti tokonya sepi.
Ternyata…apa yang terjadi. Sedang asik-asiknya milih roti, tiba-tiba ketemu dengan temannya suami dan dikenalkan….” oooh, ini isterinya Pak Sugeng?? dengan mimik wajah yang sepertinya meragukan status saya. ” Hellooow….” I’m Mrs Sugeng loooh, suer !!!”
Dan sampai sekarang, saya jadi senyum-senyum sendiri kalau mengingatnya.
Waktu masih aktif di organisasi, saya sering sampai larut malam berada di rumah Mama. Dan biasanya kebiasaan buruk saya kumat. Suka mengangkut daster Mama, tapi lupa mengembalikannya. Untuk urusan daster, saya dan Mama sangat kompak. Karena size doesn’t matter. Coba kalo baju biasa,…gak bakal cukup baju Mama di badan saya.
Koleksi daster Mama dan saya lumayan juga…
Rasanya belum sah kalau udah sampai di Beringharjo atau Pasar Johar gak beli daster. Senang aja ngubek-ngubek pasar nyari daster sampai kelenger.
Dan anehnya….begitu sampai di rumah, yang dipakai bukan yang baru dibeli. Tetap aja daster yang lama (baca : lusuh )yang ditarik dari lemari. Yang udah sekian kali dipermak Mama, dikasi tembelan, udah sobek, dijahit …jahit lagi,..trus dipakai lagi. Memang susah, yah, kalau sudah addicted .🤣
Pernah juga ….ketika pulang dari luar kota. Saya sibuk nyariin beberapa daster “favorit” saya. Setengah putus asa, saya curhat ke suami, udah dicari kemana-mana daster bunda kog gak ada ya.
Dan dengan santainya, dia bilang begini….”Oooh, daster Bunda yang motifnya yang ini itu ya. Tenang, udah ayah jadikan pel. Kemarin kan hujan deras, trus banjir masuk ke rumah. Ya udah ayah ambil aja yang itu, lagipula udah jelek kayak gitu”
Speechless,…. dengan wajah seperti cuka tumpah…kecuuuut.
Beberapa hari yang lalu, saya liat tausyiyahnya Ustadzah Astri Ivo tentang akhlakul karimah dalam rumah tangga di Youtube.
Beliau bilang,…bahwa ibu-ibu nih suka salah posisioning. Giliran kalau keluar rumah aja, pergi ke pengajian. Cantiiik kayak ratu, eeh di rumah malah jadi babu karena senangnya pakai daster lusuh (padahal PRT jaman now beda kalee…wangi dan pinter berdandan) . Trus kalau udah malam jadi hantu (karena mukanya dipakein masker, dikasi tomat, timun….hahaha serasa dijewer, itu akuuuuh bangeet.😀
Tapi dalam hati sedikit gak terima, masa’ sih ada suami yang hanya gara-gara alergi ngeliat isterinya pakai daster, jadi melirik perempuan lain. Apa yang salah dengan daster ya??
Bukannya ini hak asasinya The Emaks-emaks kayak saya. Suka-suka dooong. Whatever, saya tetap "Daster Lover Forever"
Apa bedanya juga dengan bapak-bapak yang suka pakai sarung yang itu-itu aja dan senangnya hanya pakai kaos singlet kalau di rumah. Kita juga gak protes. Aaah….saya gak sependapat deh.
Weeiit……Itu keyakinan saya beberapa hari yang lalu.
Tetapi, semua menjadi berubah.
Ketika kemarin, suami saya pulang istirahat makan siang dan akan balik ke kantor. Seperti biasa ritual cium tangan suami dan cupika cupiki.
Pas dadah dadah…eeh suami saya buka jendela mobil, saya pun mendekat….
Hhm.,..saya sempat ndredhek…deg-degan…mau ngomong apa nih.
Dengan nada pelan, nyaris berbisik,…” Bun, nanti sore jangan pakai daster itu lagi ya. Bau bawangnya, bikin gak mood….” katanya sambil tersenyum.😂
Nah!!! Ooooh tiiiiiddddaaaak…!! Malunyaaaaa…..
Mungkin rona pipi saya yang tadinya merah jambu, karena malu-malu berubah jadi pucat pasi atau merah padam. Embuuuh
Tausyiyah ustadzah pun terngiang-ngiang di telinga saya. Bahwa salah satu dari ciri perempuan sholehah itu adalah :
“ Selalu berpenampilan yang bagus dan menarik dihadapan suaminya sehingga bila suaminya memandang akan menyenangkannya. Nah loo!! Jadi cantik-cantik untuk ibadah dengan suami. Jangan dengan tukang sayur, jangan dandan cantik-cantik saat mau keluar rumah saja.
Well…suatu rencana indah langsung menari-nari di kepala saya.
Finally….sore harinya saya merasa sangat siap menyambut kedatangan suami. Udah pede abis, dengan senyum yang paling manis. Tentu saja dengan memakai daster terbaik yang saya punya.
Ketika dia memeluk saya dan berbisik," Tumben,…udah dandan cantik dan rapih. Meh lungo endi Bun,...? ”
(appaaah.......???!!!)
Ayaaaaahhhhhh Dhaaarliiings……aku 😍 padamu!!!!

2 komentar:

  1. Tulisan kakak makin keren dan enak untuk saye bace. Saye suka kak. Ringan namun mengalir seakan-akan saya berada pada posisi itu untuk menceritakannya. Saye pon dirumah suka sekali pakai daster. Dari baru sampai burok lacok kate orang bilang bentuknye. Tapi betol kate kakak ntah mengape ye daster ne makin kesini makin enak dipakai, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha...itu die kak Desy, biar lubang anginnya udah kayak lawang sewu (saking banyaknye) tetap jak dipakai. Pokoknya, "Daster Lover Forever..."

      Hapus

Adbox

Galeri Poto